امام صادق علیه السلام : اگر من زمان او (حضرت مهدی علیه السلام ) را درک کنم ، در تمام زندگی و حیاتم به او خدمت می کنم.
Penjelasan riwayat

Penjelasan riwayat

Poin yang terdapat dalam riwayat yang mengatakan bahwa ilmu pengetahuan di mulai dari masa kenabian hingga masa imam-imam Makzum As dan sebelum tiba masa kemunculan Imam Mahdi As adalah dua dari seluruh ilmu pengetahuan yang akan di bawah oleh beliau , ilmu pengetahuan tidak akan berkembang lebih dari dua kata ilmu saja.

Karena jika berlandaskan dengan apa yang di bahasakan oleh Imam Shadiq As :

  1. Seluruh ilmu pengetahuan yang di bawa oleh para nabi As hanya ada dua kata.
  2. Hingga masa imam Shadiq As masyarakat sama sekali tidak mengetahui selain dari dua kata ilmu pengetahuan tersebut.
  3. Pada masa kemunculan Imam Mahdi As dua puluh lima kata dari ilmu pengetahuan akan di ajarkan kepada manusia sebagai tambahan dari dua kata ilmu pengetahuan yangtelah di ajarkan kepada manusia.

Ilmu pengetahuan yang di ajarkan kepada menusia sejak zaman Imam Shadiq As hingga masa sebelum kemunculan Imam Mahdi As begitu berkembang pesat dari masa-masa kenabian maka kita tidak dapat berpegangan pada riwayat yang ada secara lahiriah semata. Kita dapat mengatakan bahwa yang di maksudkan oleh Imam Shadiq As adalah satu hal yang lain dimana periwayat tidak membahasakan riwayat secara jelas, karena satu hal yang jelas bahwa rasulullah Saw dan para imam makzum lainnya begitu juga dengan pengetahuan yang telah mereka ajarkan sama sekali tidak ada nabi yang sebelumnya telah mengajarkan hal tersebut kepada manusia sebelumnya.

Apakah yang di wasiatkan oleh rasulullah Saw dan para Imam Makzum lainnya adalah ilmu dan makrifah itu sendiri. di mana hal ini telah di bawah oleh nabi-nabi sebelumnya dan ahlul bait As sama sekali tidak melakukan perubahan di dalamnya dan tiada tambahan dalam ilmu pengetahuan tersebut? Jika memang demikian lantas apa yang menjadi keutamaan dan kelebihan Islam dari agama-agama sebelumnya?

Tentunya hal ini tidak dapat kita terima bahwa rasulullah Saw hanya membawa ilmu pengetahuan yang sama seperti yang di bawah oleh nabi-nabi sebelumnya. Dengan demikian kita harus mengatakan bahwa poin yang di maksud oleh imam Makzum As dengan riwayat Karena riwayat yang ada secara lahiriah  nampak bersifat stagnan artinya masa dari kedatangan rasulullah Saw hingga masa  imam Makzum As dari masa itu hingga masa kemunculan Imam Mahdi As terdapat sebuah keseragaman dan kesatuan sementara pada masa kemunculan Imam dan kebangkitan Imam Mahdi As stagnasi  ini akan hilanng dan lenyap.

Jika yang di maksud dengan keseragaman dan kesatuan pada masa kedatangan rasulullah Saw dan masa kedatangan imam makzum lainnya hinggga masa kemunculan dan kebangkitan Imam Mahdi As adalah keseragaman ilmu pengetahuan maka ini akan kelihatan sebagai sebuah kesalahan  karena begitu banyak dari pengetahuan muncul pada masa kemunculan Imam Shadiq As dimana riwayat yang ada di atas juga dari riwayat Imam Shadiq As dan Imam-Imam makzum lainnya dan sama sekali tidak di dapati dari lizan rasulullah Saw.

Dengan demikian kita sama sekali tidak dapat mengatakan bahwa yang di maksud dengan keseragaman dan kesatuan dalam hal ini adalah kesatuan ilmu pengetahuan tentunya dengan memperhatikan penambahan dan kemajuan ilmu pengetahuan akan tetapi kita dapat mengatakan jalan umum dari pencarian ilmu pengetahuan dengan mengunakan indera lahiriah yang di miliki oleh manusia senantiasa sama dan memiliki keragaman.

 

    بازدید : 3237
    بازديد امروز : 27412
    بازديد ديروز : 38125
    بازديد کل : 124086700
    بازديد کل : 87114948